Tempat Snorkeling di Bali

Pulau Bali masih menjadi primadona bagi wisatawan yang ingin berlibur ke pantai. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pulau ini memiliki kekayaan alam dan budaya yang tidak ada habisnya.

Dari mulai gunung, air terjun, hingga pantai yang sangat indah, lalu kebudayaan tari kecak juga barong yang melegenda memberikan kamu pengalaman berlibur yang tak akan terlupakan.

Bicara soal wisata laut di Bali tidak jauh berbeda dengan menghitung bintang di langit. Bukan tanpa alasan, banyaknya pantai-pantai yang belum terjamah sampai wahana olahraga air yang sangat pesat perkembangannya membuat pilihan menjadi sangat beragam.

Artikel ini akan membahas opsi wisata laut yang akan memberikan kesan berbeda dari biasanya. Tidak lengkap rasanya jika berlibur di Bali hanya berjemur di pantai tanpa mampir ke surga bawah lautnya. Kamu bisa coba scuba diving, freediving atau snorkeling untuk menikmatinya.

Memang snorkeling adalah hal paling mudah untuk siapapun merasakan keindahan bawah laut Pulau Dewata. Snorkeling adalah menyelam di permukaan air dan berbekal alat seperti snorkel (selang pernapasan), fins (kaki katak) dan kaca mata renang.

Di samping itu, resiko snorkeling jauh lebih kecil dibandingkan olahraga menyelam lainnya. Nah, maka dari itu kamu tidak perlu khawatir jika kamu bukan perenang yang handal, karena juga kamu bisa menggunakan pelampung saat snorkeling.

Kali ini Banyakhobi.com akan membahas tentang beberapa spot snorkeling yang wajib dikunjungi di Pulau Bali.

1. Nusa Lembongan

tempat snorkeling di bali barat
befreetour

Nusa Lembongan adalah pulau kecil pinggir bali yang dapat di akses menggunakan perahu tradisional maupun speedboat dari pantai Benoa atau Sanur. Perairan yang jernih sekitaran Nusa Lembongan, membuat kamu dapat dengan mudah melihat hiu karang, tiggerfish, barracudas, parrotfish dan kehidupan laut lainnya.

Beberapa spot di Nusa Lembongan yang sangat cocok bagi kamu untuk menyalurkan hobi snorkeling adalah Pantai Mangrove, Jungutbatu dan juga Mashroom Bay.

Di sebelah timur Nusa Lembongan, terdapat tebing karang raksasa yang indah dan cocok bagi kamu untuk melepas lelah setelah bermain air seharian.

2. Nusa Penida

snorkeling bali nusa dua
dontforgettomove

Nusa Penida adalah pulau besar yang ada dil pinggir bali selain Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Untuk mencapai pulau ini, kamu bisa menyebrang menggunakan perahu selama satu jam.

Pulau ini menjadi surga bagi kamu yang hobi snorkeling. Bagaimana tidak, setidaknya ada 7 spot snorkeling dengan keunikan masing-masing yang wajib kamu kunjungi ketika sampai di Nusa Penida.

  • Manta Bay

tempat snorkeling di amed bali
tponit trip

Manta Bay sesuai dengan namanya, memiliki banyak ikan pari manta yang tersebar di perairan dalam maupun dangkal pantai ini. Ukuran ikan pari manta di pantai ini bisa mencapai 1 meter. Kamu akan terkagum saat melihit ikan yang satu ini berenang di jarak yang dekat dengan mulut besar yang terbuka.

Manta bay sendiri berada di barat Nusa Penida. Tempat ini akan sangat ramai pada saat musim liburan tiba.

  • Crystal Bay

snorkeling bali amed
Tpoint Trip

Salah satu pulau sejauh 20 km tenggara pulau bali yang memiliki air tenang yang sangat jernih seperti kristal. Tempat ini menjadi salah satu tempat terbaik bagi kamu yang memiliki hobi snorkeling dengan bermacam-macam ikan karang yang cantik.

Kamu akan temui banyak ikan pari, mola-mola, hiu kecil, ikan tuna dan giant trevallies. Stok foto kamu bakal dijamin aman. Crystal Bay sudah menyajikan terumbu karang dengan banyak ikan-ikan kecil yang berwarna-warni.

Area snorkeling disini juga aman dengan air yang relatif tenang dan bening. Bahkan, jika kita diving di perairan ini, kita  dapat melihat sampai 30 meter sampai 50 meter.

Jika kamu beruntung, tempat iini adalah satu-satunya tempat yang memungkinkan kamu untuk melihat Ikan Mola-mola. Ikan ini bisa berukuran hingga 3 meter dengan bobot hampir 2000 kg. Ikan ini bisanya ditemukan di perairan samudra di bali dan kira-kira dapat dijumpai pada bulan Juli sampai Oktober.

  • Buddha Temple

snorkeling bali turtles

Berbeda dengan dua tempat sebelumnya, keindahan spot snorkeling Buddha Temple bukan terletak dari keindahan alam melainkan sebuah tempat yang eksotis dengan patung-patung Buddha yang disebar oleh pengelola wisata.

Air di tempat ini berwarna biru dan jernih sementara patung-patung buddha berada di kedalaman 7 meter. Kamu akan merasakan pengalaman yang bisa dibilang baru ketika menyelam di sini. Kamu seperti menyelam di sebuah candi buddha yang sudah tenggelam dengan di kelilingi ikan-ikan kecil.

Arus di spot snorkeling satu ini terbilang cukup deras, oleh sebab itu kalian tidak disarankan berenang jauh dari kapal.

  • Gamat Bay

snorkeling bali menjangan

Pantai Gamat terletak di barat Nusa Penida tdak jauh dari Toya Pakeh. Pantai ini belum terlalu dikenal oleh banyak orang. Penduduk dan wisatawan setempat berpendapat bahwa karena Pantai Gamet memiliki arus yang kuat dan berbatu karang, sehingga tidak cocok untuk para pemula.

Pantai ini menawarkan pasir putih menghampar sepanjang bibir pantai. Air di Pantai Gamet selalu jernih, dengan spot yang tidak terlalu dalam, kalian sudah bisa menjumpai biota laut unik seperti kura – kura, ikan pelagic yang lebih besar, ikan hiu, hingga ikan pari.

  • Mangrove Point

tempat snorkeling bali
lembongansnorke

Berlokasi di Nusa Lembongan, keanekaragaman hewani dan hayati laut di mangrove sangat menarik untuk diselami. Selain kondisi perairannya yang tergolong sejuk dan asri, ikan-ikan kecil yang berwarna warni menambah keindahan pesona laut mangrove point.

Kurang lebih ada 250 spesies ikan kecil berwarna-warni yang menghiasi Mangrove Point. Jangan khawatir dengan alat selam, karena sepanjang pantai banyak toko yang menyewakan alat snorkeling.

  • Wall Point

snorkeling bali menjangan

Spot snorkeling satu ini adalah spot terbaik bagi pemula karena Wall Point adalah spot snorkeling yang cukup dangkal dan tidak berarus. Namun jangan salah, tempat ini menjadi favorit bagi wisatawan karena indahnya terumbu karang di perairan ini.

  • Jetty Point

Nah, kalo lokasi satu ini sangat digemari oleh wisatawan luar negeri. Spot snorkeling yang bervariasi, dari yang dangkal (2 meter) sampai yang lumayan dalam (10 meter) membuat bule-bule senang berlama-lama snorkeling di sini.

Terumbu karang yang masih sangat alami menjadi daya tarik yang tidak bisa kamu tolak di tempat ini. Ikan-ikan kecil dengan setia menghampiri para penyelam seolah menemani kamu berlibur.

Jetty Point juga menawarkan pantai dengan pasir yang putih dan bersih, sangat cocok untuk berjemur.

3. Candidasa

Candidasa terletak di Kecamatan Karangasem, 2 jam perjalanan darat dari Kota Denpasar. Candidasa dipilih wisatawan karena tempat ini dikenal memiliki banyak wahana olahraga air mulai dari snorkeling, memancing hingga berlayar.

Khusu untuk kamu yang mencari tempat snorkeling, Candidasa menawarkan spot yang sangat beragam dengan keindahan yang tidak kalah dibandingkan dengan yang lain. Setidaknya ada 3 spot yang menjadi andalan para wisatawan ketika mencari tempat snorkeling di Candidasa.

  • Gili Tepekong

snorkeling bali nusa dua

Gili Tepekong merupakan satu dari tiga pulau di Pantai Candidasa yang tidak berpenghuni. Kalian harus menempuh perjalanan dengan menggunakan perahu tradisional selama 30 menit untuk sampai di sini. Tempat ini memiliki karang keras dan lunak yang sangat indah dan juga banyak hewan laut yang berukuran besar seperti tuna, jack, hiu dan mola-mola!

Gili Tepekong tidak disarankan bagi kamu yang kurang mahir berenang karena arus yang cukup kuat di perairan ini.

  • Blue Lagoon

tempat snorkeling di bali barat
MyLittleAdventure

Blue Lagoon juga menjadi tempat pilihan snorkeling di Candidasa. Tempat ini dapat dicapai dengan naik speedboat selama 40 menit.

Kalian akan disuguhkan pemandangan bawah latu yang sangat indah dengan ikan-ikan kecil yang berwarna-warni. Ada kebiasaan unik di daerah ini, kalian cukup membawa sobekan roti dan ratusan ikan-ikan kecil pun akan menghampiri.

  • Pantai Pasir Putih

lokasi snorkeling bali

Pantai ini lebih cocok disebut Virgin Beach karena suasananya yang tenang, aman, nyaman, dan tidak begitu banyak orang yang tahu tentang pantai ini. Pantai ini memiliki air yang jernih sehingga sangat cocok untuk berenang atau snorkeling dan berjemur.

Yang membuat menari, tanpa snorkeling pun kalian sudah bisa menikmati keindahan bawah laut ketika cuaca sedang cerah.

Virgin Beach benar-benar luar biasa, dan beberapa bahkan menyebutkan pantai terindah nomor 1 di pulau Bali. Terletak di antara dua tebing sehingga pantai ini cukup tersembunyi, yang terletak di belakang Gunung Bugbug dan Perasi.

4. Amed

tempat snorkeling di bali barat

Terletak di timur Bali, Amed sebenarnya adalah jalur pantai panjang yang membentang dari desa Culik melalui tujuh desa lainnya: Amed, Jemeluk, Bunutan, Lipah, Selang, Banyuning dan Aas.

Pantai di sini terbilang sepi, karena  banyak wisatawan yang langsung menuju spot snorkeling ketibang berjemur di bibir pantai. Sebab, pantai Amed memiliki pasir yang agak hitam karena dekat dengan Gunung Agung.

Nah, buat kamu yang mencari spot snorkeling, langsung saja datangi Japanese Shipwreck point, Lipah dan Jemeluk Bay yang merupakan spot paling terkenal di daerah ini.

5. Tulamben

snorkeling bali menjangan
pinterest

Desa yang berada di sebelah timur laut Pulau Bali, memiliki keindahan bawah laut yang diakui keindahannya oleh dunia. Terlalu banyak beragam spot menyelam di Desa Tulamben ini sehingga namanya terkenal sampai seluruh dunia.

Kapal USAT Liberty yang karam di desa ini, menjadi tempat snorkeling favorit. Di kedalaman 5 meter saja kamu sudah bisa merasakan menjelajah sisa-sisa Perang Dunia II berdampingan dengan karang yang sangat indah.

Selain puing kapal USAT, beberapa tempat di Tulamben juga menjadi andalan untuk snorkeling. Drop Off dan Coral Garden adalah beberapa tempat alternatif dengan kekayaan bawah laut yang juga sangat indah.

6. Nusa Menjangan

tempat snorkeling di balikpapan
wandernesia

Nusa Menjangan adalah pulau tak berpenghuni yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Pulau ini dianggap memiliki kekayaan bawah laut yang sangat melimpah. Terbukti dari jumlah spesies karangnya yang melebihi seluruh kepulauan Karibia.

Untuk bisa ikut menyelam di sini, kamu tidak bisa sembarangan, karena Nusa Menjangan membatasi jumlah penyelam tiap harinya.

7. Napoleon Reef

Napoleon Reef adalah komplek terumbu karang yang cukup luas tidak jauh dari Desa Pamuteran. Terumbu karang ini tumbuh di antara “sampah” yang sengaja diletakan oleh pengelola untuk membentuk kembali habitat biota bawah laut yang rusak oleh bom ikan dan racun potassium sianida.

Perpaaduan ini yang membuat Napoleon Reef menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Perpaduan warna-warni ikan dan koral yang tumbuh di barang-barang bekas membuat ekosistem baru yang indah tempat makhluk laut tinggal.

8. Jimbaran

snorkeling bali menjangan
Bali Star Island

Tinggalkan dulu wisata kuliner seafood yang terkenal di pantai Jimbaran, karena ada taman bawah laut yang sudah menanti kamu untuk diselami.

Sebab, air di Pantai Jimbaran ini sangat jernih dan memudahkan kita untuk melihat keindahan bawah laut. Di samping itu, Jimbaran sangat terkenal dengan air lautnya yang hangat. Tak ayal, banyak sekali spesies-spesies yang berkembang biak dan tumbuh di sini seperti ubur-ubur, ikan-ikan kecil khas perairan lepas pantai dan terumbu karang.

Nah, jika kalian berkesempatan mengambil beberapa foto di bawah laut, jangan lewatkan kesempatan berfoto dengan ubur-ubur.


Tempat-tempat di atas hanya secuil surga bawah laut yang ada di Pulau Dewata ini. Kamu bisa terus jelajahi keindahan-keindahan alam Indonesia dengan melancong ke beberapa kota besar yang memiliki tempat wisata khas. Namun, perlu diingat ketika berlibur kita harus tetap jaga kebersiahn dan ketertiban. Terlebih, merusak alam atau tempat wisata yang sudah kita kunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *